Selasa, 10 Februari 2009

Cucuk Lampah ( pengantar pengantin )

Tradisi Jawa memang sangat unik dan menarik untuk kita simak. Pengantin ... ohh alangkah senangnya menjadi Raja Sehari, tradisi pengantin jawa sangatlah rumit dan unik, tapi memang itulah ciri khas keanekaragaman kebudayaan indonesia.


Salahsatu yang menarik diantara semua keunikan tradisi jawa adalah Cucuk lampah atau pengantar pengantin. Seorang penari yang memang disiapkan untuk menghibur tamu undangan sekaligus mengarahkan pengantin menuju pelaminan. Gaya dan tari yang ditampilkan setiap penari berbeda-beda . Namun pada dasarnya seorang Cucuk lampah harus banyak menguasai tarian jawa sekaligus pandai bermain peran peran lucu dan menghibur.

Pada saat pengantin menggunakan pakaian adat Keprabon ( adat raja jawa) cucuk lampah menari dengan tarian adat yang lemah gemulai. Kemudian setelah menari sambil mengantar pengantin cucuk lampah kembali ke sanggar adi sariro dan adi busono( tempat rias dan pakaian) bersama pengantar pengantin yang lain (domas) sedangkan pengantin duduk di pelaminan dengan ditunggui dua orang patah( Pemegang Kipas). Setelah acara demi acara dalam nuansa keprabon selesai maka cucuk lampah mengambil pengantin dengan seragam yang sedikit longgar, dengan gaya seperti orangtua cucuk lampah beraksi menghibur penonton( tamu undangan). Adegan cucuk lampah ini nanti akan saya postingkan agar anda berminat menjadi pengantin JAWA....wakakakaaaaaaaakaaaaa

Comments :

0 komentar to “ ”

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
 

Copyright © 2009 by GARUDA MOKHSA BIRU